Sunday 14 December 2008

Hore...Bensin Turun Lagi

Jakarta- Harga BBM jenis bensin premium dan solar kembali turun. Harga premium kini menjadi Rp 5.000/liter dari harga sebelumnya Rp 5.500/liter. Sementara BBM jenis solar kini menjadi Rp 4.800/liter, dari harga sebelumnya Rp 5.500/liter.

Harga baru ini akan mulai berlaku Senin (15/12/2008) pukul 00.00 WIB. Keputusan ini diumumkan pada Minggu (14/12/2008) pukul 17.00 WIB, usai rapat kabinet terbatas antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Rapat yang dimulai sejak pukul 15.00 WIB ini juga membahas kelangkaan elpiji yang akhir-akhir ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia. SBY langsung memimpin rapat saat baru tiba dari kunjungannya ke Palembang.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan tentang penurunan harga BBM jenis premium dari, Rp 6.000/liter menjadi Rp 5.500/liter, yang berlaku sejak 1 Desember 2008.

Presiden SBY menyebut penurunan ini untuk menjaga daya beli masyarakat dan beban biaya produksi dunia usaha. "Penuruan harga BBM dilakukan seiring dengan penurunan harga minyak dunia yang cukup tajam dalam beberapa bulan terakhir. Penurunan diharapkan dapat menurunkan beban masyarakat dan biaya produksi dunia usaha. Dengan demikian daya beli masyarakat dapat dijaga bahkan meningkat seiring dengan penurunan inflasi," papar SBY di Kantor Kepresidenan Jakarta, Minggu.

SBY menambahkan, penurunan harga premium dan solar diharapkan dapat mengurangi dampak krisis ekonomi global terhadap perekonomian nasional.[Inilah.com]